tips menabung untuk pelajar

5 Tips Menabung untuk Pelajar yang Penting Diketahui

Merupakan hal yang lumrah jika para pelajar mendapatkan uang jajan dari orang tua mereka masing-masing. Hanya saja, alangkah baiknya jika uang tersebut tidak dihabiskan untuk jajan seluruhnya, tetapi ditabung sebagian.

Sayangnya, banyak dari para pelajar yang kesulitan untuk menabung, padahal uang jajan yang didapatkannya cukup banyak. Solusinya, cobalah menerapkan tips menabung untuk pelajar yang akan dibagikan pada postingan kali ini.  

Tips Menabung untuk Pelajar? Dapatkan di Sini!

Sebenarnya menabung bagi pelajar sendiri tidak sesulit yang dibayangkan jika mengerti caranya. Lalu bagaimana tipsnya supaya para pelajar bisa berhasil menabung? Yuk simak penjelasannya.

1. Simpan Uang Saku Melalui Simpanan Pelajar

Fasilitas sekolah yang bisa dimanfaatkan untuk mengefektifkan kegiatan menabung adalah simpanan pelajar. Tidak perlu khawatir, uang ini dikelola langsung oleh staf yang bertanggung jawab dan dapat dipercaya.

Nominal yang ditabungkan tidak arus besar, misalnya Rp 5.000 saja setiap hari. Namun jika tidak ingin bolak-balik mendatangi ruangan staf terkait, maka bisa menyimpannya sendiri. Nanti jika sudah terkumpul cukup banyak, barulah disetorkan sesegera mungkin.

2. Bawa Bekal dari Rumah

Umumnya uang jajan digunakan untuk kebutuhan membeli makanan dan cemilan di sekolah. Tapi jika ingin ditabung, bisa membawa bekal dari rumah.  Sampaikan saja kepada ibu menu yang ingin dibawa ke sekolah atau buat sendiri menu olahan yang diinginkan.

Pelajar juga bisa memanfaatkan kondisi ini untuk mendapatkan tambahan uang saku dengan membawa cemilan yang nantinya ditawarkan kepada teman-teman. Agar kegiatan sekolah tidak terganggu, hendaknya tidak membawa jenis cemilan yang terlalu merepotkan.

3. Pulang ke Rumah Sehabis Sekolah

Nongkrong merupakan salah satu kegiatan yang dijalankan oleh pelajar sehabis sekolah baik dengan alasan penting atau hanya sekedar nongkrong biasa. Apabila ingin hemat, hendaknya kegiatan tersebut dikurangi.

đŸ‘‰TRENDING:  5 Cara Ampuh Memingkatkan Traffic Olshop Anda

Bukan tidak boleh dilakukan sama sekali, kegiatan nongkrong tetap bisa dilakukan untuk tujuan mencari inspirasi, hiburan, atau bersosialisasi. Menariknya, Anda tetap bisa berhemat meskipun nongkrong. Caranya adalah memilih nongkrong yang menjual makanan dan minuman murah serta tersedia WiFi.

4. Cari Pekerjaan Sampingan

Sebelum menjalankan pekerjaan sampingan, Anda perlu memperhatikan bagaimana kesibukan di sekolah. Jika memungkinkan, jangan sampai mengorbankan prestasi demi menabung. Solusi lainnya adalah dengan memilih jenis pekerjaan yang memiliki waktu pengerjaan yang lebih fleksibel, misalnya sebagai freelance.

Jenis-jenis pekerjaan yang melibatkan media online bisa dijadikan sebagai pilihan terbaik. Alasannya, sebagian besar bisa dikerjakan di rumah namun memberi hasil yang cukup besar. Hanya saja, dibutuhkan skil pendukung seperti edit video, menulis, membuat desain, dan yang lainnya untuk bisa bekerja sampingan sebagai freelance.

5. Sisihkan Uang Kembalian Receh

Sebagian besar orang menganggap jika uang receh tidak begitu penting. Kebiasaan paling umum ketika mendapatkan kembalian receh adalah minta kembalian berupa permen atau snack saja.

Jika Anda termasuk salah satu orang yang memiliki kebiasaan ini, sebaiknya merubah kebiasaan tersebut mulai dari sekarang. Sebab, uang kembalian tersebut bisa ditabung meskipun nominalnya kecil. Jika sudah terkumpul banyak, tentu nilainya akan menjadi besar juga bukan?

Itulah 5 tips menabung untuk pelajar yang bisa dibagikan pada postingan kali ini. Bagi para pelajar yang ingin menabung namun kesulitan melakukannya, cobalah untuk menerapkan tips-tips tersebut di atas. Meskipun kesulitan di awal-awal menabung, lambat laun akan terbiasa juga seiring dengan perjalanan waktu. Sukses selalu!

Daftar Baca Cepat