Faktor yang Tidak Mendukung Kesuksesan Bisnis

4 Faktor yang Tidak Mendukung Kesuksesan Bisnis

Siapapun yang mengelola dan menjalankan sebuah bisnis, pasti ingin sukses pada bisnis tersebut. Meskipun tidak mudah, setiap pebisnis pasti akan melakukan berbagai jenis upaya agar kesuksesan tersebut bisa diraihnya.

Agar bisa sukses, seorang pebisnis perlu melakukan tips-tips sukses dalam bisnis yang banyak dibuktikan oleh para pebisnis. Di sisi lain, ada beberapa faktor yang perlu dijauhi karena tidak mendukung kesuksesan dalam bisnis.

Lantas apa sajakah faktor-faktor yang tidak mendukung kesuksesan bisnis tersebut? Yuk simak ulasannya.

Inilah 4 Faktor yang Tidak Mendukung Kesuksesan Bisnis, Jauhilah!

1. Mendahulukan Keuntungan

Umumnya orang-orang saat ditanya apa yang ingin didapatkan dalam menjalankan sebuah bisnis? Jawabannya pasti keuntungan. Hal tersebut wajar, karena memang hal tersebut merupakan tujuan umum dari sebuah bisnis.

Tapi tahukah Anda, banyak para pebisnis yang sukses bukan berawal dari keinginan mendapatkan keuntungan, tapi memberikan solusi dari permasalahan yang terjadi. Salah satu contoh nyata dalam hal ini adalah William Tanuwijaya yang merupakan pendiri sekaligus CEO Tokopedia.

Berawal dari keprihatinan terhadap para pedagang kecil yang kesulitan menjual barang karena dibatasi oleh , William pun membuat Tokopedia sebagai media yang bisa membantu para pedagang kecil untuk menjual barang-barang mereka ke berbagai wilayah dengan mudah.

Hasilnya sebagaimana yang Anda lihat saat ini. Keberhasilan Tokopedia menjadikannya mampu menyumbang APBN sebesar 1% setiap tahun. Bahkan, Tokopedia dinobatkan sebagai Unicorn Indonesia.

Tapi jangan hanya melihat kesuksesan yang berhasil diraih oleh William Tanuwijaya. Sebab, dibalik kesuksesan tersebut, terdapat perjuangan yang luar biasa berat dan pantang menyerah dari pendiri Tokopedia tersebut.

Sebelum Tokopedia meraih kesuksesan dan booming sebagai marketplace di Indonesia, William tidak mendapatkan keuntungan sedikit pun selama beberapa tahun. Jika targetnya semata-mata mendapatkan keuntungan, mungkin dia sudah menyerah di awal-awal merintis usaha tersebut.

đŸ‘‰TRENDING:  Tips Menjual Produk Dengan Biaya Yang Murah

2. Ingin Sukses Secara Instan  

 Banyak orang yang berhenti di tengah jalan saat mengelola sebuah bisnis karena ingin sukses secara instan. Baru beberapa waktu menjalankan sebuah bisnis dan tidak mendapatkan hasil, langsung menyerah dan putus asa.

Ingin sukses secara instan merupakan salah satu faktor yang tidak mendukung kesuksesan bisnis, bahkan meruntuhkannya. Sebab yang namanya bisnis, pasti membutuhkan perjuangan dan kesabaran, jatuh bangun, dan menjadikan kegagalan yang dialami sebagai cambuk untuk meraih kesuksesan.

3. Tidak Memiliki Perencanaan Bisnis yang Bagus

Faktor yang tidak mendukung kesuksesan bisnis dan juga seringkali mengakibatkan bisnis mengalami kegagalan adalah tidak memiliki perencanaan bisnis yang baik. Bisnis tidak bisa dijalankan begitu saja, butuh perencanaan yang matang dari berbagai sisi.

Oleh karena itu, sebelum memulai bisnis, mesti dipertimbangkan sematang mungkin produk yang ingin dikembangkan dari bisnis tersebut. Butuh melakukan riset yang tepat. Setelah itu, dibutuhkan perencanaan pengelolaan dan metode pemasaran yang akan dilakukan, jumlah tim yang dibutuhkan, dan lain sebagainya.

4. Tidak Punya Mental Seorang Pebisnis

Jika ingin meraih kesuksesan dalam sebuah bisnis yang dijalankan, mental pebisnis wajib dimiliki. Di antara mental pebisnis yang perlu dimiliki adalah sabar, pantang menyerah, dan tidak mudah putus asa meskipun hasil yang didapatkan tidak sesuai harapan.

Selain itu, seorang pebisnis harus pandai melihat peluang yang ada, selalu belajar dan mengembangkan kemampuan, serta pandai berhemat dan tidak konsumtif.

Demikianlah penjelasan mengenai faktor-faktor yang tidak mendukung kesuksesan bisnis pada postingan kali ini. Dengan mengetahui faktor-faktor tersebut, seorang pebisnis bisa menjauhinya.

Daftar Baca Cepat