Biar Nggak Ngantuk di Tempat Kerja

5 Tips Biar Nggak Ngantuk di Tempat Kerja

Apakah Anda sering merasa ngantuk di tempat kerja? Jika iya, segera hentikan kebiasaan tersebut. Bagaimanapun, Anda memiliki tugas dan tanggung jawab di tempat kerja yang harus diselesaikan. Kebiasaan ngantuk di tempat kerja juga akan memberikan citra negatif bagi diri Anda.

Jika Anda kesulitan untuk menghilangkan rasa ngantuk di tempat kerja, sebaiknya ikuti tips nggak di tempat kerja yang akan disebutkan pada postingan kali ini. Dengan mengikuti tipsnya, dijamin mata kamu tetap melek sampai jam kerja berakhir.

Inilah 5 Tips Biar Nggak Ngantuk di Tempat Kerja

1. Cukup Tidur di Malam Hari

Coba perhatikan berapa lama waktu tidur kamu setiap malam. Besar kemungkinan rasa ngantuk di tempat kerja disebabkan karena tubuh Anda kurang segar akibat waktu tidur malam yang tidak cukup. Idealnya, waktu tidur malam bagi orang dewasa berkisar 7-9 jam.

Jika waktu tidur malam Anda kurang dari itu, besar kemungkinan itu yang merupakan akar masalahnya. Oleh karena itu, upayakan untuk cepat tidur di waktu malam agar Anda bisa mencapai target minimal 7 jam tidur di waktu malam.

2. Tidak Terlalu Kenyang di Pagi Hari

Mengapa konsumsi makanan di pagi hari disebut sarapan? Jawabannya karena porsi makanan yang dikonsumsi tidak terlalu banyak. Sekedar cukup untuk menghilangkan rasa lapar dan tubuh mendapatkan asupan makanan sebagai sumber energi untuk beraktivitas.

Jika Anda makan terlalu banyak di pagi hari sehingga terlalu kenyang, besar kemungkinan Anda akan merasa ngantuk saat di tempat kerja. Selain ngantuk, Anda juga kurang bersemangat untuk melakukan aktivitas di pagi hari, karena bawaannya ingin bersantai terus.  

Oleh karena itu, salah satu tips penting biar nggak ngantuk di tempat kerja adalah tidak makan terlalu kenyang. Makannya secukupnya, sekedar menghilangkan rasa lapar dan bukan memuaskan keinginan lidah dan tenggorokan.

đŸ‘‰TRENDING:  5 Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

3. Mencuci Muka

Jika Anda sulit menghilangkan rasa ngantuk yang menyerang di tempat kerja, segeralah pergi cuci muka. Sebab, rasa dingin yang menimpa wajah akan menghilangkan ngantuk yang dirasakan. Terlebih lagi jika terkena hembusan angin dari kipas angin atau AC dalam keadaan wajah masih basah.

4. Minum Kopi

Minum kopi juga termasuk salah satu cara yang bisa Anda lakukan biar nggak ngantuk di tempat kerja. Kok bisa? Jawabannya karena ketika kafein yang terdapat di dalam kopi masuk ke dalam tubuh, otak akan memberikan respon dengan cara mengikat senyawa yang bernama adenosin. Alhasil, pikiran jadi lebih segar dan rasa ngantuk hilang.

Tapi ingat, hindari minum kopi jika Anda memiliki masalah lambung. Meskipun rasa ngantuk yang dirasakan hilang, tetap saja Anda tidak akan bisa melanjutkan pekerjaan karena rasa ngantuk yang hilang tersebut digantikan perasaan kurang nyaman akibat jantung berdebar-debar.

5. Minum Air Putih

Ternyata bukan hanya minum kopi saja yang bisa membantu menghilangkan rasa ngantuk, tapi juga minum air putih. Mengapa bisa demikian? Jawabannya karena salah satu penyebab munculnya ngantuk akibat tubuh mengalami dehidrasi.

Tidak hanya berfungsi menghilangkan ngantuk, minum air putih dalam jumlah yang mencukupi setiap hari juga sangat dianjurkan karena manfaatnya yang sangat besar bagi kesehatan, termasuk menjadikan detak jantung lebih baik dan aliran darah lebih lancar.

Itulah tadi 5 tips biar nggak ngantuk di tempat kerja yang bisa dibagikan kal ini. Semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda yang masih kesulitan sampai saat ini untuk menghilangkan kebiasaan ngantuk di tempat kerja.

Daftar Baca Cepat