Manfaat Olahraga Sebelum Tidur

4 Manfaat Olahraga Sebelum Tidur

Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang disukai oleh kebanyakan orang. Dengan berolahraga secara rutin maka tubuh kita bisa sehat dan bugar. Untuk waktu berolahraga bisa dijalankan kapan saja, tapi kebanyakan orang melakukan rutinitas ini di pagi hari atau sore hari. Lalu, bagaimana dengan berolahraga di malam hari, apakah aman?

Dalam ilmu sains menyatakan jika olahraga yang dilakukan di malam hari atau sebelum tidur sama efisiennya dengan olahraga di pagi hari. Jadi Anda tidak perlu ragu untuk melakukan kegiatan ini di malam hari. Terutama bagi yang tidak memiliki waktu luang untuk berolahraga di pagi hari.

Inilah 4 Manfaat Olahraga Sebelum Tidur

Jika sebelumnya Anda belum pernah olahraga di malam hari, maka Anda bisa mencobanya. Terdapat banyak khasiat yang akan Anda peroleh. Berikut ini merupakan beberapa manfaat olahraga sebelum tidur :

1. Memberikan Energi yang Cukup Bagi Tubuh

Berolahraga sebelum tidur akan memberikan energi yang cukup bagi tubuh Anda supaya bisa melakukan latihan yang lebih keras di hari berikutnya. Apabila Anda pernah merasa memiliki energi ekstra secara tiba-tiba pada sore hari, itu tentu ada alasannya.

Dengan Anda berolahraga di malam hari maka keesokan harinya tubuh Anda akan memiliki energi yang lebih kuat dalam melakukan rutinitas harian. Jadi, Anda tidak akan mudah lelah, baik di pagi hari atau sore hari.

2. Tidur Akan Lebih Nyenyak

Manfaat olahraga sebelum tidur berikutnya yaitu Anda akan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Ketika Anda kesulitan untuk tidur di malam hari, maka solusinya Anda bisa melakukan olahraga ringan. Dengan berolahraga sebelum tidur dipercaya bisa membuat tidur Anda lebih nyenyak.

đŸ‘‰TRENDING:  Tips Gemukin Badan dalam Seminggu Secara Alami

Dalam sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa olahraga sebelum tidur bisa meningkatkan kualitas tidur seseorang. Anda bisa lebih mudah tertidur lelap. Tapi, sebaiknya lakukanlah olahraga yang ringan-ringan saja. Hindari pula latihan fisik seperti HIIT, karena latihan jenis ini bisa mempengaruhi Anda untuk menutup mata dengan cepat.

3. Membentuk Otot dengan Lebih Cepat

Otot adalah massa tubuh yang bisa membentuk tubuh Anda menjadi lebih bertenaga dan berbentuk. Melakukan olahraga sebelum tidur bisa mempengaruhi pembentukan otot Anda. Jadi, sangat disarankan bagi yang ingin membentuk otot untuk rutin olahraga sebelum tidur.

Rasio kortisol dan testosteron paling bagus di malam hari untuk pertumbuhan otot. Walaupun lebih tinggi di pagi hari, tapi efek pembentukan otot akan bekerja dengan lebih maksimal ketika malam hari. Anda bisa memilih olahraga seperti lari jarak jauh atau bisa juga olahraga lainnya yang lebih ringan agar bisa mendapatkan pertumbuhan otot dengan lebih maksimal.

4. Menghilangkan Stres yang Menumpuk

Manfaat olahraga sebelum tidur yang terakhir bisa menghilangkan stres yang menumpuk. Ketika Anda sedang merasa banyak pikiran atau stres, maka Anda akan kesulitan untuk tidur. Terutama apabila pikiran dan emosi yang Anda rasakan bisa berpengaruh negatif. Jadi, untuk mengatasinya Anda bisa berolahraga terlebih dahulu.

Olahraga yang disarankan yaitu melakukan peregangan atau yoga. Melakukan yoga di malam hari dipercaya bisa membuat Anda tertidur lebih cepat. Selain itu juga dipercaya bisa mengurangi kecemasan dan stres, serta memperdalam nafas Anda. Dengan begitu, oksigen yang masuk ke tubuh Anda akan lebih banyak, jadi Anda akan merasa lebih rileks. Nah, itulah beberapa manfaat olahraga sebelum tidur yang bisa Anda rasakan. Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi untuk melakukan olahraga di malam hari, karena bisa memberikan banyak khasiat bagi tubuh Anda.

đŸ‘‰TRENDING:  4 Manfaat Olahraga Skipping Bagi Kesehatan Tubuh

Daftar Baca Cepat