Tips Menghafal Cepat

5 Tips Menghafal Cepat   

Menghafal mata pelajaran atau materi perkuliahan biasanya seringkali dilakukan saat hampir ujian atau ketika sedang belajar. Akan tetapi sistem belajar yang salah atau waktu yang terbatas, menghafal pelajaran akan terasa lebih susah. Walaupun sudah mencobanya berulang kali, Anda malah tidak bisa mengingat hafalan sama sekali. Pada akhirnya Anda merasa frustasi dan putus asa yang kemudian membuat proses menghafal menjadi terhenti. Maka dari itu kami akan membagikan beberapa tips menghafal cepat yang bisa Anda terapkan.

Inilah 5 Tips Menghafal Cepat Yang Efektif

1. Pahami Bacaan Dengan Rumus 5W + 1H

Apabila Anda sedang berusaha untuk menghafal pelajaran atau apapun itu, maka cobalah untuk memahami tentang materi yang hendak Anda hafalkan. Otak Anda akan lebih mudah dalam memproses informasi yang runut. Jadi solusinya Anda bisa memakai rumus 5W + 1H.

Dengan membuat pertanyaan sendiri mengenai topik yang akan dihafal, maka Anda juga bisa semakin mudah untuk mengingatnya. Saat Anda menghafal dengan menggunakan rumus 5W + 1H, ada baiknya untuk membuat catatan kecil supaya dapat membantu proses hafalan.

2. Cari Informasi Utama yang Disajikan

Tips menghafal cepat yang kedua yaitu mencari informasi utama yang disajikan. Ketika sedang menghafal sesuatu kebanyakan orang hanya menghafal kalimatnya saja tanpa mengetahui informasi utamanya. Jadi sebaiknya Anda mencari tahu informasi utama yang diberikan. Contohnya dengan memberikan highlight pada informasi pokok.

Informasi yang penting ada di awal paragraf dan akhir paragraf. Maka dengan memberikan highlighter bisa memudahkan proses pencarian. Anda tidak usah membaca ulang semua kalimat, karena pada bagian yang penting sudah Anda beri tanda khusus. Selain itu pula, Anda juga bisa lebih mudah dalam membuat rangkuman pada poin-poin yang penting.

👉TRENDING:  5 Tips Lahiran Normal Tanpa Jahitan

3. Mainkan Kata Supaya Lebih Mudah dalam Menghafal

Teknik bermain kata bisa Anda terapkan saat sedang menghafal beberapa kalimat yang sulit. Caranya yaitu, lihat dulu kalimat yang akan Anda hafalkan. Kemudian carilah Padanan kata sesuai dengan konteks, maka otak Anda dapat memproses informasi baru dengan lebih cepat karena Anda sudah memiliki ingatan dan pengetahuan sebelumnya. Usahakan juga untuk membuat padanan dari kata yang telah Anda ketahui.

4. Tulis Ulang Poin-Poin Penting

Jika Anda sudah selesai membaca maka cobalah untuk menulisnya kembali. Dengan begitu otak Anda akan memanggil kembali informasi yang telah didapatkan sebelumnya dan kemudian menyimpannya kembali. Supaya lebih menarik, Anda bisa membuat catatan dengan ditambah gambar-gambar yang menarik. selain itu Anda juga bisa memakai pena berwarna.

5. Jaga Mood Agar Tetap Baik

Anda perlu mencari tahu waktu terbaik agar Anda bisa fokus dalam menghafal. Di waktu tersebut proses menghafal akan lebih mudah tanpa ada beban. Ada beberapa tipe orang yang dapat fokus menghafal di malam hari dan ada juga yang fokus menghafal di pagi hari. Jadi anda bisa menyesuaikannya sendiri kapan kiranya waktu terbaik untuk menghafal.

Jika Anda sudah tahu waktu terbaik untuk menghafal, maka proses menghafal bisa lebih cepat dan mudah. Jika Anda mulai merasa bosan, Anda bisa beristirahat sejenak dengan sekedar membasuh wajah atau bisa juga mandi terlebih dahulu agar tubuh fresh kembali. Nah, itulah beberapa tips menghafal cepat yang bisa Anda terapkan. Dengan tips yang telah kami paparkan di atas, kemungkinan besar Anda bisa lebih mudah dan cepat dalam menghafal mata pelajaran dan materi perkuliahan ataupun materi lainnya

👉TRENDING:  Cara Beli Komputer Bekas

Daftar Baca Cepat