Tips Agar Baterai HP Awet

Terbaru! Ternyata Begini Tips Agar Baterai HP Awet

Bagi pengguna ponsel pintar, sangat penting mengetahui bagaimana tips agar baterai HP awet. Mengapa demikian? Sebab, banyak kasus terjadi meski baru dibeli namun baterainya cepat habis akibat kualitasnya mulai menurun.

Banyak faktor penyebab kualitas baterai menurun, salah satunya adalah tidak merawat HP dengan baik.

Inilah 5 Tips Agar Baterai HP Awet

Mempertahankan kualitas baterai sangat diperlukan karena jika telah rusak maka tidak bisa digunakan dan perlu menggantinya. Perlu Anda ketahui meskipun tempat service menyediakannya, namun jenis original harganya cukup mahal. Berikut tipsnya:

1. Selalu Gunakan Charger Original

Sangat disarankan untuk menggunakan charger bawaan, namun jika sudah rusak pastikan mencari produk original juga. Alasan utamanya adalah jika sembarangan bisa meningkatkan risiko menurunnya kualitas. Pada tahap lebih parahnya biasanya tiba-tiba HP akan mati dan tidak bisa lagi hidup.

Tanda lain ketika baterai sudah mengalami kerusakan parah adalah setelah diisi full akan lebih cepat habis meski tidak digunakan. Supaya dapat menghindari dampak buruknya, silahkan melakukan pengecekan secara berkala pada fitur yang telah disediakan.

2. Jaga HP Agar Tetap Berada dalam Suhu Normal

Salah satu alasan mengapa baterai cepat habis adalah karena suhu tinggi bisa diakibatkan panas dari sinar matahari, penggunaan berlebihan, atau kepala charger memiliki voltase di atas batas wajarnya.

Penggunaan charger yang tidak sesuai standar misalnya saja voltasenya terlalu tinggi, memang saat digunakan untuk mengisi baterai lebih cepat. Namun tahukah Anda bagaimana dampak selanjutnya? Jawabannya akan membuat baterai lebih cepat rusak.

Tanda paling sering dialami saat baterai mulai rusak adalah tiba-tiba mati sendiri meskipun dayanya telah terisi penuh. Pada kondisi lebih parah, terkadang sampai tidak bisa dihidupkan kembali sebelum dilakukan penggantian baterai.

đŸ‘‰TRENDING:  Tips Mudah Mencari Ide Barang Jualan Online Paling Laris

3. Perhatikan Update OS Terbaru

Secara berkala sistem OS akan memberikan pemberitahuan untuk melakukan upgrade ke versi terbaru. Sebaiknya Anda tidak mengabaikannya karena pada setiap kenaikan versinya dilakukan perbaikan pada beberapa bidangnya termasuk fitur, performa, serta penyesuaian performa baterai.

Tidak perlu khawatir upgrade sistem tidak terjadi setiap hari sehingga paket data Anda bisa tetap hemat tergantung dari penggunaan untuk aplikasi lainnya. Oleh karenanya pastikan untuk melakukan pengunduhan pembaruan sistem tepat waktu.

4. Pilih Powerbank dengan Bijak

Produk pendukung ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi pengguna telepon pintar, bahkan beberapa waktu terakhir sistemnya kian dipercanggih. Meskipun bisa memberikan kepraktisan terutama saat melakukan perjalanan jauh, namun pastikan memanfaatkannya secara bijak.

Pada banyak kasus yang terjadi salah satu penyebab kerusakan baterai ponsel pintar adalah dari penggunaan powerbank berlebihan. Supaya dapat meminimalisirnya, pastikan bijak dalam penggunaannya.

Pastikan perhatikan output yang dihasilkan, jangan memaksakan memasang dengan ukuran lebih besar dibanding batas wajar dari ponsel itu sendiri.

5. Disarankan Menggunakan WiFi

Dengan alasan lebih ramah di kantong, kini hampir setiap rumah memasang WiFi. Jika memang memilikinya, sangat disarankan menggunakan sambungan WiFi dibandingkan dengan paket data.

Mengapa bisa begitu? Alasan utamanya adalah ketika Anda menggunakan sambungan WiFi maka kinerja dari ponsel tersebut menjadi lebih ringan dibandingkan dengan menggunakan jaringan seluler. Jika ingin baterai HP tetap dalam keadaan optimal meski dalam jangka waktu lama, tips agar baterai HP awet di atas sangat perlu untuk diterapkan. Selain itu, cobalah sesekali membuat baterai 0% dan mengisi hingga 100% agar nantinya lebih terbiasa apabila dalam kondisi serupa.

Daftar Baca Cepat

đŸ‘‰TRENDING:  Trik Mengantisipasi Kompetitor Dalam Bisnis Online