Gaya Belajar Anda

Kenali Gaya Belajar Anda Agar Belajar Lebih Efektif

Mengenali gaya belajar Anda sendiri sangat penting agar belajar bisa lebih efektif. Pasalnya, kesulitan belajar seringkali dialami akibat tidak sesuai dengan gaya belajar yang cocok bagi diri sendiri.

Sekeras apapun usaha untuk memahami pelajaran, tetap terasa sulit dan menemui jalan buntu jika gaya belajarnya tidak sesuai.

Lantas bagaimanakah gaya belajar yang sesuai bagi Anda? Ulasan di bawah ini akan memberikan gambaran yang jelas seputar masalah ini.

Manakah Gaya Belajar Anda dari 4 Tipe di Bawah Ini?

Saat ini ada 4 gaya belajar yang umumnya diminati para pelajar. Hanya saja, tidak terpikirkan kalau itu merupakan gaya belajar masing-masing yang bisa mendukung efektifitas belajar. Apa sajakah gaya belajar tersebut? Yuk simak rinciannya di bawah ini :

1. Visual

Jika Anda senang membuat doodle di buku catatan, senang memvisualisasikan sesuatu agar lebih mudah diingat, atau lebih cepat paham ketika materi yang disampaikan diilustrasikan dalam sebuah gambar, maka kemungkinan besar tipe gaya belajar Anda adalah visual.

Orang-orang dengan tipe visual umumnya lebih cepat memahami materi atau informasi ketika disampaikan dalam bentuk visual, seperti gambar, video, diagram, dan yang semisalnya.

Bagi para pelajar dengan tipe visual, sangat disarankan untuk mencoba beberapa hal di bawah ini karena bisa membantu proses belajarnya :

  • Membuat mind mapping.
  • Menandai menggunakan gambar atau warna di bagian penting pada catatan.
  • Menonton video berisi materi belajar yang menggunakan infografik.

2. Auditori

Jika Anda senang mendengarkan podcast atau audio book, lebih mudah mengingat penyampaian guru saat di kelas dibandingkan materi yang tertulis di papan, atau lebih suka membaca dengan keras, kemungkinan besar tipe gaya belajar Anda adalah auditori.

đŸ‘‰TRENDING:  6 Tips Mengatasi Insomnia

Orang-orang dengan tipe auditori umumnya lebih suka mendengarkan dibandingkan membaca, karena bisa lebih cepat memahami materi atau informasi yang disampaikan.  

Demikian pula saat memiliki ide, biasanya Anda yang bertipe auditori lebih senang mengatakannya langsung sembari berdiskusi dibandingkan memikirkannya terlebih dahulu sebelum menyampaikannya.

Bagi para pelajar dengan tipe auditori, suara merupakan hal yang sangat penting. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan beberapa hal berikut ini karena bisa membantu proses belajarnya :

  • Dengarkan dengan saksama penjelasan guru saat di kelas.
  • Dengarkan audio book dari setiap materi yang ingin dipelajari.

3. Reading and Writing

Jika Anda merasa lebih senang membaca bahkan sampai berjam-jam, atau catatan pelajaran Anda selalu lengkap dan tidak pernah merasa tenang jika ada catatan yang kurang, maka kemungkinan besar tipe gaya belajar Anda adalah reading and writing.

Orang-orang dengan tipe reading and writing umumnya lebih mudah memahami dan menghafal materi atau informasi yang disampaikan ketika menulisnya dalam sebuah catatan. Biasanya orang-orang seperti ini sangat gemar membaca dan menulis, dan bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk melakukan hal tersebut.

Bagi para pelajar dengan tipe reading and writing, sangat disarankan untuk melakukan beberapa hal berikut ini karena bisa membantu proses belajarnya :

  • Buatlah rangkuman atau daftar hal-hal penting dari materi yang dipelajari.
  • Tulislah materi yang ingin dihafal dalam sebuah kertas kecil, agar mudah dibaca di mana saja.
  • Manfaatkan buku dan jurnal dari sekolah untuk mencari materi.

4. Kinesthetic

Jika Anda merasa lebih senang mempraktekkan sesuatu dibandingkan duduk mendengarkan materi yang disampaikan, berarti tipe gaya belajar Anda adalah kinestetik.

Orang-orang dengan tipe kinestetik umumnya lebih sulit memahami materi atau informasi ketika hanya mendengarkan atau melihat visual. Bahkan, mudah merasa bosan jika hanya belajar dengan cara seperti itu.

đŸ‘‰TRENDING:  5 Tips Praktis Membuat Kolam Renang Mini

Bagi para pelajar dengan tipe kinestetik, sangat disarankan untuk melakukan beberapa hal berikut ini karena bisa membantu proses belajarnya :

  • Praktekkan setiap materi yang pernah didengarkan setiap kali ada kesempatan.
  • Usahakan untuk bergerak di sela-sela waktu belajar.

Demikianlah penjelasan mengenai 4 gaya belajar yang umumnya diminati para pelajar. Dengan mengetahui gaya belajar yang paling tepat, aktivitas belajar akan terasa menyenangkan dan materi yang disampaikan mudah dipahami.