Uraikan bagaimana proses yang terjadi pada perkembangbiakan secara ovipar

Uraikan Bagaimana Proses Yang Terjadi Pada Perkembangbiakan Secara Ovipar

Bisakah kamu uraikan Bagaimana Proses Yang Terjadi Pada Perkembangbiakan Secara Ovipar? Pada kesempatan kali ini, mari kita bahas tentang pertanyaan yang sering muncul mengenai perkembang-biakan pada hewan di sekolah.

Pembahasan

Proses berkembang biak pada beberapa hewan berbeda-beda akan tetapi mempunyai tujuan agar populasinya tetap ada dan tidak punah. Tiga cara berkembang biak pada hewan setelah embrio dibuahi dengan cara perkembangbiakan yang berbeda.

Yang Dimaksud Dengan Perkembangbiakan Secara Ovipar Adalah

Ovipar adalah cara perkembangbiakan hewan dengan dalam telur dan dilindungi oleh cangkang. Embrio mendapatkan asupan makanannya dari cadangan makanan yang terdapat didalam telur. Embrio tersebut juga tidak mengalami pertumbuhan didalam tubuh induk betina. Telur dikeluarkan dari dalam tubuh induk betina lalu dierami hingga menetas. Contoh perkembangbiakan hewan secara ovipar adalah ayam, burung dan beberapa hewan reptil.

Yang Dimaksud Dengan Perkembangbiakan Secara Vivipar Adalah

Vivipar adalah cara hewan berkembang biak dengan cara melahirkan anak dari tubuh induk betina. Proses kehamilannya terjadi ketika ada pembuahan dari induk jantan kepada embrio induk betina. Contoh perkembangbiakan secara vivipar adalah anjing, sapi, kucing dan kuda.

Yang Dimaksud Dengan Perkembangbiakan Secara Ovovivipar Adalah

Ovovivipar adalah cara perkembangbiakan hewan dengan keadaan telur berada dalam badan induknya namun embrio tersebut tidak mendapatkan nutrisi atau makanan dari induknya hingga telur menetas. Contoh hewan ovovivipar adalah kuda laut, platypus, bunglon dan ikan hiu.

Penutup

Jadi, apabila ada pertanyaan tentang uraikan bagaimana proses yang terjadi pada perkembangbiakan secara ovipar, vivipar dan ovovivipar, ini adalah jawabannya. Terima kasih dan semoga berguna yah.

Daftar Baca Cepat