Jelaskan Pengertian Teks Prosedur

Jelaskan Pengertian Teks Prosedur

Dapatkah kamu jelaskan pengertian teks prosedur? Tanpa kita sadari kita pasti sudah pernah membaca keterangan dari suatu produk yang kita konsumsi atau kita pakai dalam kehidupan sehari-hari. Selagi masa pandemi covid-19 pasti kamu pernah membaca urutan teks / kata-kata / perintah cara mencuci tangan yang baik dan benar agar terhindar dari virus covid-19. Itulah yang dimaksud dengan teks prosedur.

Pemahaman

Dengan kata lain pengertian teks prosedur adalah rentetan / urutan / langkah-langkah yang harus dilakukan agar mencapai tujuan / hasil yang diinginkan. Apabila kamu baru membeli sebuah barang elektronik yang baru seperti TV, pasti terdapat buku manual yang berisikan petunjuk-petunjuk atau tata cara penggunaannya. Contoh teks prosedur misalkan kamu membeli sebuah meja knock down, disana pasti ada petunjuk cara pemasangan dan urutan-urutan pemasangan bagian mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Ciri-ciri dari struktur teks prosedur biasanya kalimatnya menggunakan kalimat perintah, memberikan panduan / keterangan dari tujuan tersebut dan menjelaskan urutan-urutan penting yang harus dikerjakan sesuai dengan urutannya.

Kesimpulan

Bagaimana? Apakah kamu masih memiliki pertanyaan dari pengertian teks prosedur? Semoga penjabaran dari jelaskan pengertian teks prosedur ini dapat membantu kita semua. Terima kasih atas perhatiannya.

Daftar Baca Cepat

👉TRENDING:  Jelaskan Yang Dimaksud Dengan Pola Makan Sehat