Mengapa Wawasan Nusantara Selalu Dikaitkan Dengan Pancasila

Mengapa Wawasan Nusantara Selalu Dikaitkan Dengan Pancasila

Apakah kamu tahu mengapa wawasan nusantara selalu dikaitkan dengan pancasila? Bagi bangsa Indonesia yang memiliki perilaku dan cara pandang yang berdasarkan pada pancasila dan UUD 1945 maka wawasan nusantara dikaitkan dengan jiwa dan semangat para warga Indonesia sebagai pedoman dan ideologi bangsa. Mari kita pahami lebih lanjut lagi.

Pemahaman

Wawasan nusantara dikaitkan dengan pancasila dikarenakan bangsa Indonesia mempunyai sikap yang berlandaskan atas pancasila dalam memandang kesatuan dan persatuan bangsa. Dari pancasila warga Indonesia bisa lebih saling menghargai antar umat beragama dan perbedaan-perbedaan yang ada. Tujuan dari kerukunan antar warga merupakan kunci utama agar semua rakyat dapat merasakan kemerdekaan yang sesungguhnya.

Kesimpulan

Jawaban dan tujuan mengapa wawasan nusantara selalu dikaitkan dengan pancasila adalah untuk menciptakan rasa cinta pada tanah air dan sifat nasionalisme yang tinggi. Selain itu juga agar masyarakat lebih dapat saling menghargai dan saling menghormati pada perbedaan-perbedaan yang ada.

Daftar Baca Cepat

👉TRENDING:  Alur Tujuan Pembelajaran Kurikulum Merdeka