Jelaskan Pengertian Pernapasan

Jelaskan Pengertian Pernapasan

Dapatkah kamu jelaskan pengertian pernapasan? Bagaimana sih cara kerja pernapasan pada manusia? Apakah sistem pernapasan kamu baik-baik saja? Pernapasan adalah syarat dasar dan mutlak pada semua mahkluk hidup. Pada dasarnya sistem pernapasan pada manusia dapat dibagi menjadi 2 yaitu pernapasan melalui mulut dan pernapasan melalui hidung. Apabila kamu sedang berolah raga pasti lebih sering menggunakan pernapasan melalui mulut bukan? Kenapa bisa begitu? Yuk mari kita pelajari lebih lanjut.

Pemahaman

Pengertian dari pernapasan adalah suatu aktivitas menghirup oksigen (O2) masuk melalui hidung atau mulut dan membuang keluar karbondioksida (CO2) melalui organ pernapasan. Sistem pernapasan ini juga biasa bisa disebut juga dengan respirasi. Tujuan dari pernapasan adalah untuk mengolah oksigen untuk menghasilkan energi melalui proses oksidasi mengalir dalam darah dan melepaskan karbondioksida. Apabila kamu hendak membawa atau mengangkat suatu beban yang berat, pasti kamu menghirup napas terlebih dahulu untuk mengumpulkan tenaga / energi yang diperlukan. Organ pernapasan manusia berupa hidung, laring, faring, alveolus, trakea, bronkus dan bronkiolus. Semua organ ini harus berfungsi dengan baik pada setiap tarikan dan hembusan napas manusia agar oksigen dapat mengalir dengan lancar dalam darah untuk kelancaran seluruh fungsi tubuh.

Kesimpulan

Jawaban dari jelaskan pengertian pernapasan ini terlihat sangat sederhana sekali akan tetapi banyak sekali organ dalam tubuh yang harus ikut bekerja agar oksigen dapat terkirim ke seluruh tubuh, apabila kamu memiliki gangguan pernapasan sebaiknya kamu coba konsultasikan ke dokter segera. Biasanya orang yang memiliki gangguan pada sistem pernapasannya adalah seorang perokok berat atau orang yang sering kali menjadi perokok pasif baik secara disadari atau tidak, orang yang tinggal didalam ruangan yang lembab pada waktu yang lama dan sirkulasi udaranya tidak lancar, orang yang batuknya tidak kunjung sembuh dalam waktu yang lama dan batuknya tidak seperti biasanya. Jangan meremehkan kondisi pernapasan yang kurang baik, lebih baik mencegah daripada mengobati. Yuk mari kita hidup dengan lebih bersih agar sistem pernafasan kita menjadi lebih baik terima kasih.

👉TRENDING:  Jelaskan Tujuan Terbentuknya ASEAN

Daftar Baca Cepat