Sebutkan Ciri-Ciri Perilaku Konsumtif

Sebutkan Ciri-Ciri Perilaku Konsumtif

Dapatkah kamu sebutkan ciri-ciri perilaku konsumtif? Apakah kamu sendiri menyadari bahwa kamu termasuk dalam orang yang mempunyai perilaku konsumtif? Perilaku konsumtif yang berlebihan pada seseorang dapat mengakibatkan resiko yang sangat fatal, sebagai contoh apabila kamu bekerja dengan gaji UMR atau bahkan dibawah UMR akan tetapi begitu gajian langsung membeli segala sesuatu yang diinginkannya tanpa memikirkan kelangsungan hidup sampai terima gaji lagi di bulan depan. Bagaimana caranya kamu membutuhi kebutuhan pangan dan membayar segala biaya Banyak juga orang yang masih tidak menyadari perbedaan dari keinginan dengan kebutuhan. Yuk mari kita bahas lebih lanjut mengenai ciri perilaku konsumtif.

Pemahaman

Contoh perilaku konsumtif yang tidak baik adalah misalkan kamu segera membeli produk smartphone terbaru yang baru launching sedangkan tidak ada fitur baru yang berguna untuk kamu dan smartphone kamu yang sebelumnya juga masih sangat memadai untuk mendukung pekerjaan / aktivitas kamu sehari-hari. Perilaku konsumtif seperti ini sebenarnya sangatlah dibutuhkan bagi produsen-produsen dan bagi para sultan untuk mengeluarkan belasan sampai puluhan juta rupiah mungkin tidak ada artinya, akan tetapi bagi kaum kere hore untuk memaksakan hal tersebut merupakan keputusan yang sangat bodoh alias bunuh diri. Perilaku konsumtif ini biasanya timbul pada seseorang yang memiliki harga diri atau gengsi yang tinggi, orang yang haus akan pengakuan dan pujian dari orang lain, orang yang selalu mengharuskan diri mengikuti trend yang berlangsung pada saat itu dan juga orang telah termakan iklan akan suatu produk tertentu.

Kesimpulan

Coba kamu sebutkan ciri-ciri perilaku konsumtif kamu sebagai dasar cerminan kamu untuk intropeksi diri. Jawaban yang kamu dapat setelah intropeksi harusnya dapat memperbaiki kehidupan dan ekonomi kamu, asal kamu mao jujur terhadap diri kamu sendiri. Harap selalu diingat bahwa keinginan itu tidak akan ada habisnya, coba kita mempelajari dan menyadari apa sajakah hal-hal yang sebenarnya kita butuhkan. Apabila ekonomi sudah mulai membaik, boleh dipertimbangkan untuk memenuhi salah satu keinginan kamu yang bersifat membantu salah satu kebutuhan kamu. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua ya. Terima kasih telah membaca.

👉TRENDING:  Tuliskan 8 Provinsi Yang Dibentuk Sebagai Hasil Sidang PPKI Pertama

Daftar Baca Cepat