Cara Hitung Volume Bola

Jangan Bingung, Begini Cara Hitung Volume Bola

Bagi para pelajar atau mahasiswa dalam bidang matematika tentu tidak asing dengan perhitungan volume bola. Hanya saja banyak yang mengeluhkan kesulitan dalam memecahkannya. Supaya lebih mudah, Anda bisa menerapkan cara hitung volume bola pada artikel ini.

Kunci utama agar bisa memecahkan berbagai persoalan terkait dengan volume bola adalah dengan memahami rumus dasarnya. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk melanjutkan ke proses berikutnya. Selain itu, pahami juga rumus dasar bangun ruang lainnya karena tidak jarang muncul soal bangun gabungan.

Detail Cara Hitung Volume Bola

Dalam matematika, perhitungan dengan rumus merupakan hal biasa karena memang termasuk ilmu pasti. Hanya saja, ada banyak persoalan yang sulit dipecahkan termasuk berkaitan dengan rumus volume bola. Berikut penjelasannya:

1. Cari Jari-jarinya

Sebelum mencari jari-jarinya, Anda perlu menulis persamaannya terlebih dahulu yaitu V = ⁴⁄₃πr³. Penjelasannya yaitu V berarti volume dan r adalah jari-jari. Pada penghitungan volume bola, r di sini dipangkatkan 3.

Apabila pada soal yang dikerjakan diberitahukan nilai diameternya maka silahkan langsung membaginya menjadi dua bagian. Cara ini merupakan teknik penyelesaian cukup mudah. Namun tidak jarang juga Anda harus menyelesaikan soal dengan teknik lebih sulit.

2. Beri Pangkat 3 Pada Jari-jarinya

Pemecahan volume bola bisa dilakukan dengan cara memberikan pangkat tiga pada saat menerapkan rumus untuk menyelesaikan soal. Artinya jari-jari yang telah ditemukan pada pencarian sebelumnya diberikan pangkat tiga.

Sebagai contohnya nilai r (jari-jari) adalah 4, maka jika dijabarkan yaitu 4 x 4 x 4 dengan hasil 64. Penyelesaian dengan bilangan bulat terbilang masih mudah. Terkadang pada tingkat lebih lanjut Anda akan menemukan bilangan pecahan.

3. Kali Jari-jarinya dengan 4/3

Tahap selanjutnya Anda perlu mengalikan hasil jari-jari dengan 4/3. Tidak perlu ragu, sebab sebagian besar soal-soal yang ada memberikan nilai dengan hasil akhir berupa pecahan. Ketelitian dalam proses perhitungannya sangat diperlukan karena salah sedikit dapat berbeda.

👉TRENDING:  Fisik Uang Dinamakan Nilai

Tulis perhitungan volume bola ini secara terperinci untuk memudahkan dalam pengerjaannya. Anda dapat menerapkan sistem coret-coret, akan tetapi jangan sampai membuat tulisan utamanya menjadi kabur atau bahkan tidak terlihat sama sekali.

Penghitungan secara manual sangat disarankan untuk membuat Anda lebih hafal dengan hasil pembagian dan perkalian. Nantinya jika ada angka yang sama maka tidak perlu repot menghitungnya kembali. Supaya hasilnya lebih valid, cek menggunakan kalkulator.

4. Hitung Volume Bola

Setelah seluruh nilainya ditemukan, langsung hitung menggunakan rumus di atas. Masukkan angka-angkanya, jangan sampai salah meski hanya angka dibalik koma karena hasilnya bisa berbeda.

Umumnya angka di belakang koma yang perlu dimasukkan sekitar 2 jika memang hasilnya menunjukkan angka sangat panjang. Rumusnya adalah jika angka yang diringkas tersebut lebih dari lima maka dibulatkan menjadi satu. Sebagai contohnya yaitu 5,678 maka ringkas menjadi 5,68.

Apabila Anda sudah menemukan hasil akhirnya silakan beri tanda cm pangkat tiga atau biasa disebut sentimeter kubik. Pada penerapan rumus bangun ruang memang sebagian besar seperti ini. Anda perlu mengingatnya baik-baik agar terhindar dari kesalahan. Sebelum meninggalkan soal ini, pastikan untuk meneliti hasilnya apakah sesuai atau belum.

Memahami cara hitung volume bola menjadi hal penting yang perlu Anda lakukan,  utamanya jika ingin mendalami ilmu matematika lebih lanjut di perguruan tinggi nantinya. Pada tingkat tersebut biasanya soal-soal akan lebih sulit dipecahkan dan perlu menggunakan paduan rumus agar bisa mendapatkan hasil tepat.