Keren! Pemenang Falling Walls Lab Di UPJ Akan Wakili Indonesia

Didukung penuh oleh Kementerian Luar Negeri Republik Federal Jerman, DAAD Regional Office Jakarta, tahun ini Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) sukses menjadi penyelenggara kompetisi Falling Walls Lab (FWL) Indonesia pada Kamis, 1 September 2022, bertempat di Teater 1, Lantai 4, Gedung A Kampus UPJ di Bintaro Jaya.
Berbagai topik mulai dari bidang sosial, pertanian, kesehatan hingga energi terbarukan menjadi perhatian dan dipresentasikan oleh 16 orang finalis pada FWL Indonesia tahun ini. Tentunya tidak mudah bagi 8 juri Falling Walls Lab Indonesia 2022 yang terdiri dari akademisi, praktisi juga peneliti untuk menentukan pemenang dari Falling Walls Lab Indonesia 2022.

Namun Difa Ayatullah Muthmainnah dengan idenya ‘Breaking The Wall of Pad Waste’ dapat meyakinkan dewan juri dan terpilih sebagai pemenang dari Falling Walls Lab Indonesia 2022. Ia akan mewakili Indonesia di ajang Falling Walls Lab Finalle di Berlin pada 7 November 2022 mendatang.

Pemenang kedua pada kompetisi Falling Walls Lab Indonesia 2022 adalah Amaliyah Rohsari Indah Utami dengan idenya ‘Breaking The Wall of Inefficient Waste Pretreatment’, dan pemenang ketiga adalah Luhur Budi dengan idenya ‘Breaking Wall Of Earthquake Resilient Building’.

“Penting sekali untuk mengembangkan ide-ide inovatif yang akan menyelesaikan permasalahan nasional dan global disertai dengan kemampuan asing, terutama bahasa internasional yakni bahasa Inggris untuk menyampaikan dan memperkenalkan ide-ide tersebut di ajang internasional seperti kompetisi Falling Walls Lab ini. Ajang FWL ini menjadi wadah untuk meningkatkan dua keterampilan ini,” ujar Rektor UPJ Leenawaty Limantara.

“Falling Walls Lab merupakan kompetisi ide bertaraf internasional dan juga ajang bagi mereka yang memiliki ide inovatif dari berbagai disiplin ilmu untuk bertukar pikiran, dan berjejaring. Kompetisi ide ini unik karena para pesertanya harus mempresentasikan ide inovatif mereka hanya dalam 3 menit menggunakan 3 slide,” kata Direktur DAAD Regional Office Jakarta, Guido Schnieders.

Kompetisi ide yang digagas oleh the Falling Walls Lab Foundation di Berlin sudah diselenggarakan sejak tahun 2009 dan terbuka bagi semua kalangan mulai dari mahasiswa, peneliti, maupun profesional. Hingga tahun 2022, kompetisi ini telah diselenggarakan oleh 75 penyelenggara Lab yang tersebar di 60 negara di dunia.

👉TRENDING:  Bukan Devina Kirana, Sosok Ini Diduga Selingkuhan Rizky Billar

Di Indonesia sendiri, Falling Walls Lab Indonesia sudah diadakan sejak tahun 2016 oleh DAAD Regional Office Jakarta. Pemenang kompetisi Falling Walls Lab Indonesia berkesempatan untuk mempresentasikan ide inovatif mereka di ajang Falling Walls Lab Finale di Berlin.

Sumber dari: https://www.detik.com/

Artikel asli