Tips Solo Traveling Biar Tetap Aman Dan Makin Seru Bestie

Kamu para ladies yang ingin melakukan solo traveling, itu keputusan yang bagus lho. Namun bacalah tulisan berikut untuk bekal kamu memulai perjalanan perdana.
Traveling memang terbukti memiliki dampak positif bagi diri sendiri, terutama untuk kesehatan mental. Kita bisa mengurangi tekanan batin, menjernihkan kembali pikiran, dan meningkatkan kebahagiaan.

1. Riset destinasi tujuan
Sebelum memulai solo traveling, kamu harus mencari informasi sebanyak-banyaknya. Mulai dari tujuan, bagaimana daerah sekitar tempat tersebut, cuaca di daerah tersebut, serta budaya penduduk setempat.

Traveler juga bisa mencari informasi terkait pukul berapa yang ramai dan sepi di daerah tersebut. Dikarenakan bepergian sendirian, kamu harus sebisa mungkin untuk menghindari ‘jam sepi’ agar lebih aman untuk bepergian. Ketahui juga kasus kriminal dengan membaca media lokal setempat.

Kamu juga bisa menonton vlog atau membaca blog tentang orang-orang yang telah bepergian ke sana sebelumnya sebagai referensi kamu. Tidak ada salahnya mengumpulkan banyak informasi, bukan?

2. Perhitungkan budget
Selanjutnya, perhatikan berapa budget yang tersedia dalam tabunganmu. Supaya kamu tidak asal mengeluarkan uang nanti di perjalanan. Serta kamu juga bisa memperkirakan uang yang kamu punya bisa memenuhi berapa lama perjalanan.

Sesuaikan budget yang kamu punya dengan hotel tempat menginap, tempat wisata yang akan dikunjungi, dan berapa lama akan bepergian. Budget yang dimiliki dapat dibagi sesuai kebutuhan, seperti untuk membayar tiket perjalanan, memesan hotel, mengunjungi destinasi wisata, dan uang saku selama di perjalanan.

3. Memesan Tiket Perjalanan
Setelah menghitung budget, kamu dapat langsung membeli tiket perjalanan. Kamu bisa memilih untuk naik pesawat, kereta, atau bus.

Transportasi perjalanan yang akan kamu gunakan dapat menyesuaikan budget yang dimiliki. Untuk keamanan diri, kamu dapat memesan tiket perjalanan secara online. Selain lebih aman, membeli tiket secara online biasanya akan mendapatkan promo-promo yang menguntungkan, juga membuat perjalanan lebih terencana.

đŸ‘‰TRENDING:  Mengenal Erina Gudono Calon Istri Kaesang Pangarep Dan Segudang Prestasinya

4. Memilih Hotel dan Destinasi Wisata

Pilihlah hotel dan destinasi wisata sesuai dengan budget. Bisa dilihat dari review-review hotel di daerah yang akan dikunjungi, lalu ketika hotel yang diincar sudah sesuai dengan apa yang diharapkan, kamu dapat langsung memesan hotel tersebut. Kamu juga dapat membaca dari berbagai sumber terkait destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi di daerah tersebut.

5. Bawalah barang secukupnya dan seperlunya

Hal ini adalah yang paling penting. Sebelum bepergian Anda harus menyiapkan barang bawaan, mulai dari pakaian, peralatan mandi, kartu identitas, dan lainnya.

Jangan lupa menyiapkan pakaian-pakaian yang kece selama bepergian. Pakaian yang bagus juga bisa membuat suasana hati menjadi lebih ceria dan bahagia.

Pilah lah barang-barang yang mungkin tidak perlu kamu bawa banyak. Seperti topi, bawalah 2 saja. Mungkin bisa juga bawa sepatu yang nyaman, sandal, tas laundry dan lainnya.

6. Pertimbangkan rencana cadangan

Kamu harus mempunyai rencana cadangan ketika ingin bepergian. Jangan hanya terpaku dengan satu rencana. Buatlah rencana cadangan berdasarkan kendala-kendala yang mungkin terjadi, seperti cuaca yang tidak mendukung, kemacetan, dan lainnya.

7. Bergabung dengan komunitas setempat

Bergabung dengan komunitas traveling di negara tujuan juga bisa menjadi cara aman untuk solo traveling. Jadi kamu bisa menemukan dengan cepat orang-orang yang punya hobi sama denganmu. Serta kamu bisa menemukan banyak informasi yang berguna dengan cepat dan terpercaya.

8. Jangan terlalu mencolok

Itulah kenapa penting sekali untuk riset sebelum pergi. Kamu perlu mempersiapkan diri ‘bergaya bak orang lokal’ supaya perjalananmu nyaman dan tidak banyak disadari orang. Penting sekali untuk merasa aman selama perjalanan, apalagi tidak ada orang yang dikenal.

đŸ‘‰TRENDING:  Ini Sosok Pesulap Merah Yang Viral

9. Ketahui nomor darurat di destinasi tujuan

Simpanlah nomor darurat seperti nomor polisi, pemadam kebakaran, ambulan di negara tujuan. Tidak ada salahnya memikirkan kemungkinan terburuk yang mungkin muncul di perjalananmu.

10. Kasih kabar kepada keluarga atau orang yang dipercaya

Penting sekali untuk memberi kabar orang-orang yang ditingal di rumahmu. Jangan nanti sampai tersebar berita orang hilang, padahal kamu sedang healing ke negara seberang.

Sumber dari: https://travel.detik.com/

Artikel asli