Cara Memilih Warna yang Tepat Untuk Ruangan

Tips Memilih Warna Yang Tepat untuk Ruangan

Banyak orang beranggapan bahwa mengecat kamar dengan warna hidup merupakan pilihan yang sangat tidak pantas untuk usia atau gaya arsitektur rumah. Namun pada praktiknya ternyata dewasa ini telah banyak bagian rumah yang menggunakan warna hidup. Seperti dapur, ruang tamu dan ruang keluarga sering dibuat menjadi satu spase yang besar dalam rumah. Warna dipakai untuk menentukan interior dan menentukan titik fokus dari ruangan dalam rumah. Artikel ini akan memberikan beberapa tips untuk membantu menentukan warna yang tepat untuk ruangan Anda.

Gunakan Warna Arsitektur

Salah satu hal yang paling efektif untuk menggunakan warna guna mentransformasi ruangan adalah dengan bermain dengan feature arsitektur yang ada di sekitar ruangan. Jendela, pintu, rak buku, lemari hias, semua barang tersebut dapat memberikan pertimbangan warna yang dapat digunakan untuk ruangan. Saran lain yang dapat diterapkan yaitu pilihlah warna yang lebih terang atau lebih gelap dari dinding primer pada lukisan maupun pintu. Warna cokelat kemerahan dapat menjadi alternatif pada koneksi visual dari ruang makan menuju ke pintu depan.

Untuk pendekatan yang lebih berani, cobalah menggunakan dua warna yang berbeda di ruangan yang sama. Misalnya perabot seperti rak buku dengan warna hijau maka berilah warna biru pada dinding ruangan. Dengan ini maka titik fokus yang akan tersorot adalah bagian item pada rak buku. Atau jika setiap ruang diberikan warna yang sama dan seragam, hal ini merupakan pilihan yang umum diterapkan hampir semua rumah.

Pilih Warna Netral Jika Ragu

Jika ragu khususnya dalam memilih warna untuk kamar maka pergunakanlah warna putih karena putih merupakan warna netral dan dapat menambah kesan dramatis dan kontemporer. Atau dapat pula menggunakan pilihan warna yang lembut seperti krem atau hijau muda.

đŸ‘‰TRENDING:  Cara Menggunakan Fitur Pesan Sementara di WhatsApp

Pertimbangkan Warna Langit-Langit

Beberapa ruang yang memiliki warna berbeda pasti memiliki langit-langit. Maka pilihlah warna yang lebih terang dari warna dinding untuk langit-langit. Hal ini dapat menjadikan ruangan terkesan lebih lapang. Untuk ruangan kamar mandi maka langit-langit dapat dicat seperti dinding kamar mandi sehingga hal ini akan membuat kamar mandi terkesan lebih besar.

Ketahuilah Warna-Warna Primer

Cat yang ada sekarang ini ada banyak sekali jenis warnanya dengan total ratusan bahkan ribuan warna. Untuk itu ketahuilah warna-warna primer cat seperti merah, kuning, hijau, biru dan lain sebagainya. Belajarlah untuk mengetahui warna-warna yang dapat terjadi dari hasil pencampuran warna primer. Dengan begitu maka Anda tidak perlu membeli semua warna yang cocok digunakan. Kreatiflah dengan memanfaatkan sesuatu yang sederhana.

Bawalah Sample Warna

Untuk memutuskan warna apa yang cocok untuk ruangan di rumah maka Anda dapat membawa sample warna dari rumah ke took cat. Seperti dengan membawa beberapa sarung bantal atau bantal yang ada di ruang tamu. Bandingkan warna yang cocok dan sesuai dengan warna furniture yang tersedia di ruangan. Jika ruangan menggunakan karpet yang memiliki empat atau lima warna kuat maka pilihlah warna yang tidak kuat pada dinding. Warna terang dapat digunakan sebagai pilihan. Biarkan karpet menjadi titik fokus pada ruang dan dinding menjadi bagian netral.

Beberapa tips diatas dapat Anda terapkan sebagai pertimbangan menentukan warna yang tepat untuk ruangan yang ada di rumah. Pilihlah warna dengan mempertimbangkan keadaan furniture dan juga kepribadian Anda. Jangan takut memilih warna, selamat mencoba.

Daftar Baca Cepat