Empat Tips Agar Tidak Iri Kepada Orang Lain

Empat Tips Agar Tidak Iri Kepada Orang Lain

Ada empat tips agar tidak iri kepada orang lain yang bisa diterapkan untuk mencegah munculnya rasa iri pada diri kita. Sebagai manusia biasa, terkadang rasa iri muncul meskipun tidak diharapkan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apa saja tips yang bisa dilakukan untuk mencegahnya.

Iri hati adalah perasaan tidak senang dengan pencapaian orang lain, berharap agar apa yang dicapai orang tersebut bisa hilang dan berpindah pada dirinya. Jika rasa iri tersebut semakin besar, terkadang menyebabkan munculnya perbuatan-perbuatan yang merugikan orang yang dirasakan iri kepadanya.

Karena jeleknya rasa iri hati, sepantasnya setiap dari kita berupaya untuk mencegah hal tersebut datang menghampiri dan berupaya menghilangkannya ketika sempat melanda diri kita. Oleh karena itu, empat tips agar tidak iri kepada orang lain di bawah ini bisa membantu Anda.

1. Selalu Melihat Kepada Orang yang Lebih di Bawah  

Ketika rasa iri hati tidak muncul saat melihat pencapaian yang didapatkan orang lain, segeralah menghilangkannya. Salah satu caranya adalah dengan selalu memandang kepada orang yang berada di bawah kita.

Maksud orang yang lebih di bawah adalah orang yang kondisinya lebih kurang dibandingkan kita. Dengan cara ini, kita bisa lebih bersyukur atas nikmat yang diberikan kepada kita dan munculnya rasa iri hati bisa dicegah.

Saat melihat tetangga bisa membeli mobil mewah, sedangkan kita hanya bisa membeli motor, maka cobalah perhatikan orang-orang yang ada di sekitar kita. Masih banyak dari mereka yang tidak memiliki motor dan hanya mampu membeli sepeda. Bahkan, ada yang hanya mampu berjalan kaki saja karena sepeda sekalipun tidak mampu dibelinya.

2. Memahami Bahwa Rezeki Setiap Orang Berbeda-beda

Pencapaian yang dimiliki orang lain tentu sudah merupakan rezeki yang ditetapkan untuknya. Tidak perlu iri, karena setiap orang memiliki rezeki yang berbeda-beda. Terkadang ada orang lain yang diberikan rezeki berupa materi yang berlimpah sehingga mampu membeli berbagai barang-barang mewah, tapi tidak diberikan kesehatan.

đŸ‘‰TRENDING:  Tips Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan Saat Naik Bus ber-AC

Demikian pula kondisi masing-masing dari kita. Terkadang sudah berupaya semaksimal mungkin dan membanting tulang siang-malam hanya agar bisa mendapatkan kelebihan rezeki untuk membeli barang yang diinginkan.

Sayangnya, keinginan tersebut tidak tercapai meskipun sudah berusaha semaksimal mungkin. Tanpa disadari, Allah Azza Wajalla memberikan kita rezeki dari arah yang lain, seperti kesehatan, keluarga yang harmonis, terlindungi dari bahaya, dan lain sebagainya.

3. Memahami Segala Sesuatu Ada Waktunya

Kesuksesan yang didapatkan orang lain tidak seharusnya membuat kita iri. Sebab, apa yang dicapainya memang sudah waktunya. Ketetapan Allah Azza Wajalla berlaku baginya, sehingga dia mendapatkan apa yang dicapainya sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan oleh-Nya.

Jangan iri dan berkecil hati, tetaplah berupaya, karena akan ada waktu di mana Anda menuai kesuksesan yang sama bahkan lebih. Tetaplah berupaya semaksimal mungkin sembari terus berdoa agar langkah Anda untuk mendapatkan kesuksesan diberikan kemudahan.

4. Perbanyak Doa

Perlu dipahami bahwa rasa iri hati bersumber dari hati. Sedangkan sifat hati berubah-ubah, sesuai dengan apa yang ditetapkan oleh Allah Azza Wajalla. Maka dari itu, perbanyaklah berdoa dan meminta agar Allah memberikan kelapangan hati dan menjauhkannya dari sifat iri dan dengki.

Itulah empat tips agar tidak iri kepada orang lain yang bisa dibagikan pada postingan ini. Rasa iri hati sama sekali tidak mendatangkan kebaikan, malah akan membinasakan orang yang merasakannya. Oleh karena itu, berusahalah untuk mencegah dan menghilangkannya dengan mengikuti tips-tips di atas.

Daftar Baca Cepat