Tips Mengusir Tikus

6 Tips Mengusir Tikus dari Rumah

Adanya tikus di rumah seringkali menjadi masalah serius. Selain mencuri makanan, tikus juga seringkali merusak perabot rumah tangga, pakaian, dan juga meninggalkan kotoran.

Tikus dapat berkembang biak dengan cepat serta bisa menyebarkan penyakit. Jika di rumah Anda terdapat tikus dan Anda ingin mengusirnya, Anda bisa mengikuti beberapa tips yang akan kami bagikan di bawah ini.

Inilah 6 Tips Mengusir Tikus dari Rumah yang Ampuh

1. Memelihara Kucing

Tips mengusir tikus dari rumah yang pertama yaitu dengan memelihara kucing. Memelihara kucing menjadi cara yang paling mudah untuk mengusir tikus. Apabila Anda tidak ingin memeliharanya, maka dapat juga menggunakan kotoran kucing. Caranya, sebarkan kotoran kucing di area yang sering dilalui oleh tikus.

Hal tersebut bisa bertindak sebagai pencegah. Tapi pastikan agar Anda menjauhkan kotoran kucing tersebut dari jangkauan anak-anak.

2. Menggunakan Minyak Esensial

Selain dengan cara memelihara kucing, Anda juga bisa mengusir tikus dengan menggunakan minyak esensial. Aroma dari minyak cengkeh dan minyak peppermint yang kuat sangat ampuh untuk mengusir tikus. Cara melakukannya sangat mudah, yaitu dengan membasahi bola kapas menggunakan minyak esensial. Setelah itu, tinggal letakkan bola kapas tersebut di area yang biasa dilalui oleh tikus seperti di lemari, laci, dan pintu masuk rumah.

3. Menggunakan Alat Perangkap

Tips mengusir tikus dari rumah berikutnya yaitu menggunakan alat perangkap. Dengan menggunakan alat perangkap, tikus bisa tertangkap dalam keadaan hidup. Nantinya Anda tinggal membunuh tikus tersebut atau membuangnya di tempat lain.

Cara melakukannya sangat mudah, Anda hanya perlu menempatkan perangkap pada area rumah yang sering dilalui tikus di malam hari, dan memeriksanya di setiap pagi. Sebab, biasanya tikus akan keluar mencari makanan pada malam hari. Jika sudah ada tikus yang terperangkap, Anda bisa membunuhnya atau membuangnya jauh dari lokasi rumah.

đŸ‘‰TRENDING:  Tips Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan Saat Naik Bus ber-AC

4. Menggunakan Larutan Cabai

Menggunakan umpan beracun memang menjadi salah satu solusi yang sangat mudah untuk mengusir tikus di rumah Anda. Akan tetapi cara yang satu ini juga bisa beresiko. Racun bisa membuat hewan peliharaan serta anak-anak sakit. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika menggunakan umpan yang tidak beracun.

Anda bisa menggunakan larutan cabai dan menyemprotkannya di area yang biasa dilalui tikus, seperti di bawah kompor dan di belakang lemari. Pastikan juga untuk menghindarkannya dari jangkauan anak-anak serta hewan peliharaan Anda.

5. Menebang Semak Belukar di Sekitar Rumah

Ranting dan semak belukar memang bisa mengundang tikus masuk ke dalam rumah. Maka dari itu,  sebaiknya Anda menebangnya. Dengan memangkas semak-semak di bagian luar rumah, akan memotong jalan mereka untuk masuk ke dalam rumah Anda.

Sebaiknya Anda tidak menyimpan tumpukan kayu bakar di dekat rumah, karena tikus biasanya akan bersarang di tumpukan tersebut.

6. Singkirkan Persediaan Makanan Tikus

Saat suhu dingin, biasanya tikus akan mencari kehangatan serta persediaan makanan. Biasanya tempat favorit mereka adalah di dapur. Terutama dapur yang berantakan serta dipenuhi remah-remah makanan. Maka dari itu, sebaiknya Anda menjaga rak dapur, meja, dan lemari agar tetap bersih.

Simpanlah makanan yang tidak bersegel di dalam wadah penyimpanan makanan yang kedap udara agar bisa membatasi akses tikus tersebut.

Nah, itulah beberapa tips mengusir tikus dari rumah yang bisa Anda praktekkan. Dengan mengikuti beberapa cara yang telah kami paparkan di atas, maka kemungkinan tikus di rumah Anda akan pergi dan rumah Anda akan aman dari tikus.

Daftar Baca Cepat