Uraikan Unsur Penting Dalam Pembuatan Berita

Uraikan Unsur Penting Dalam Pembuatan Berita

Pada jaman sekarang banyak sekali orang yang sudah paham betapa pentingnya suatu berita, tetapi apakah kamu dapat uraikan unsur penting dalam pembuatan berita? Agar suatu berita dapat tersampaikan secara lebih akurat ada beberapa unsur penting yang harus dipenuhi, apabila unsur-unsur penting tersebut tidak dipenuhi dalam suatu berita pasti penyampaian akan berita tersebut tidak tersampaikan 100% kepada para pembacanya. Mari kita pelajari lebih lanjut bersama yuk.

Pemahaman

Pada jaman sekarang untuk mendapatkan berita-berita terbaru dan teraktual sangatlah mudah, banyak juga orang yang masih berlangganan koran yang setiap harinya diantarkan kerumahnya dan ada juga yang lebih memilih menggunakan media internet untuk membaca berita terbaru yang setiap saat dapat di update mengenai hal-hal terbaru tanpa harus menunggu koran yang akan datang di esok pagi harinya. Akan tetapi untuk informasi berita yang diberitakan secara digital harus dipastikan terlebih dahulu akan kebenaran berita yang disampaikan oleh media tersebut. Dikarenakan sekarang banyak sekali media yang menyebarkan berita-berita yang tidak benar alias hoax hanya demi untuk menarik pengunjung masuk kedalam situs mereka demi keuntungan pribadi. Selain judul headline yang menarik, isi konten yang mudah dipahami oleh semua kalangan dan susunan teks dalam suatu berita juga termasuk dalam komponen penting, unsur terpenting dalam suatu berita itu harus mempunyai unsur 5W+1H yaitu:

Who: Siapa yang menjadi sorotan dalam berita yang disampaikan.
Where: Dimanakah lokasi dari kejadian berita tersebut.
What: Apakah yang menjadi inti dari berita tersebut.
Why: Memberikan pemahaman mengapa berita tersebut terjadi.
When: Memberikan informasi kapan waktu kejadian dari berita tersebut.
How: Menjelaskan bagaimana proses terjadinya dari berita itu.

👉TRENDING:  Apa Yang Dimaksud Dengan Energi

Kesimpulan

Dengan uraikan unsur penting dalam pembuatan berita maka diharapkan akan lebih memudahkan para pembaca dari segala usia untuk memahami betul inti dan kejelasan dari berita yang disampaikan, sehingga setelah membaca beritanya dapat memberikan jawaban yang pasti, bukan malah menimbulkan pertanyaan. Tentu saja diperlukan teknik lain untuk membuat suatu berita yang sangat menarik dan mudah dipahami semua orang. Semoga penjelasan ini bisa membantu kamu, terima kasih.

Daftar Baca Cepat