Pemantulan Cahaya Pada Cermin Datar

Pemantulan Cahaya Pada Cermin Datar

Apa saja yang kamu ketahui mengenai pemantulan cahaya pada cermin datar? Dapat kamu jelaskan pengertian dari cahaya? Cahaya merupakan energi yang berasal dari suatu objek seperti lampu, matahari, bulan, lilin dan sebagainya. Dalam bidang ilmu fisika, pengertian cahaya dapat diartikan sebagai gelombang elektromagnetik dengan panjang gelombang sekitar 380-750 nm (nanometer) yang melintas dengan cepat dengan lintasan garis lurus di ruang hampa udara. Kecepatan cahaya mencapai 300.000 km/detik, wow sangat cepat sekali bukan? Sifat dari cahaya ini sendiri adalah cahaya dapat dibelokkan dan dipantulkan, cahaya dapat menembus suatu objek yang tipis atau transparan atau bening seperti plastik dan tidak dapat menembus suatu objek benda padat seperti tembok. Manusia sama sekali tidak dapat terlepas dari ketergantungan akan kebutuhannya pada cahaya, sebagai contoh cahaya matahari sangat diperlukan untuk berbagai kegiatan aktivitas setiap harinya,  matahari sangat dibutuhkan untuk mengeringkan secara total pada pakaian yang sedang dijemur dan sinar matahari diperlukan untuk vitamin tubuh kita. Cahaya dari bulan, cahaya lampu jalanan dan cahaya lampu kendaraan sangat diperlukan juga agar tetap dapat melakukan perjalanan dan aktivitas pada malam hari dengan aman. Apakah kamu merasa aman berjalan diluar pada malam hari yang gelap gulita tanpa ada pencahayaan sedikitpun?

Pemahaman

Pemantulan cahaya pada suatu permukaan cermin juga akan mempunyai hasil yang berbeda jikalau permukaan cermin tersebut tidak rata. Oleh karena itu cermin dengan permukaan datar yang sering dipakai untuk membantu kegiatan manusia sehari-harinya karena dapat memantulkan semua bayangan dengan sempurna. Berikut ini adalah sifat dasar pemantulan cahaya dari cermin datar:

  • Mempunyai hasil pantulan objek tegak alias tidak terbalik.
  • Memberikan hasil pantulan objek dengan ukuran yang sama persis baik didekatkan / dijauhkan dari cermin.
  • Mempunyai hasil jarak yang sama dari suatu objek baik dari sudut pandang manapun.
  • Memberikan hasil pantulan yang bersifat maya dan terbalik, kanan menjadi kiri, kiri menjadi kanan.
đŸ‘‰TRENDING:  Uraikan Unsur Penting Dalam Pembuatan Berita

Kesimpulan

Semoga penjelasan mengenai pemantulan cahaya pada cermin datar ini dapat membantu memberikan kamu jawaban yang dibutuhkan. Terima kasih telah membaca yah.

Daftar Baca Cepat